Minggu, 04 Maret 2012

Yunani Kemungkinan Besar Bangkrut


Beberapa hari setelah pengumuman merosotnya rating kredit Yunani oleh lembaga Standard and Poor, lembaga rating Moody juga mengkonfirmasikan penurunan rating negara itu ke tingkat yang paling rendah.
 
Fars News (4/3) melaporkan, Moody merilis statemen soal rating kredit Yunani dan menyatakan bahwa kemungkinan besar negara tersebut akan bangkrut.
 
Lembaga rating Moody menurunkan rating kredit Yunani dari CA menjadi C yaitu rating terendah yang berarti kebangkrutan.
 
Sebelumnya, Senin 27 Februari lalu, Lembaga rating Standard & Poor's Ratings Services telah menurunkan rating kredit Yunani ke tingkat "selective default" mereaksi keputusan negara ini melibatkan sektor swasta dalam restrukturisasi utang.
 
Yunani kini menjadi negara anggota zona euro pertama yang secara resmi berada di peringat standar, setelah sebelumnya merosot dari rating CC.
 
Meski demikian, lembaga rating Amerika Serikat itu menekankan bahwa jika krisis utang Yunani dapat diatasi, maka rating kredit Yunani diperkirakan akan naik ke kategori CCC.
 
Penurunan rating kredit Yunani itu terjadi di saat baru sepekan lalu menerima paket dana talangan kedua guna membantu negara itu menstabilkan ekonomi dan mencegah kebangkrutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar