Rabu, 07 Maret 2012

Iran Kembali Berhasil Produksi Massal Obat Anti Kanker, Paclitaxel


Republik Islam Iran kembali menunjukkan kemampuannya di bidang medis dan farmasi dengan memproduksi secara massal paclitaxel, obat anti kanker.
 
Paclitaxel adalah sejenis obat suntik untuk mengobati berbagai jenis kanker termasuk kanker payudara, rahim, paru-paru dan kulit. Saat ini jenis obat ini termasuk dalam list obat impor di Departemen Kesehatan Iran. Mengingat harganya yang mahal karena impor maka para pasien dan keluarganya kerap kesulitan untuk membelinya.
 
Dengan diproduksinya secara massal paclitaxel di Iran maka selain harganya dapat ditekan dan negara pun akan mendapat pemasukan dengan ekspor obat ini ke negara kawasan.
 
Obat ini untuk pertama kalinya di produksi di Timur Tengah dan ditangani oleh Perusahahaan Farmasi Sobhanoncology  milik Komite Eksekutif Instruktur Imam Khomeini. Perusahaan ini juga termasuk anak perusahaan al-Borz.
 
Obat ini akan mulai diproduksi secara massal Senin setelah satu bulan lalu Iran juga berhasil memproduksi obat anti kanker lainnya, liposomal doxorubicin. Obat juga memiliki kualitas tak kalah dengan obat impor serta mampu menghemat anggaran negara. (IRIB Indonesia/MF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar